Cetak Kemasan - Pengertian, Jenis, Manfaat dan Kelebihannya
Pentingnya kemasan pada sebuah produk agar isinya tetap terlindungi, aman dan tidak mudah rusak. Untuk itu membutuhkan cetak kemasan berkualitas yang cocok dengan jenis produk Anda agar fungsinya berjalan dengan baik.
Kemasan yang bagus dan menarik juga terbukti efektif dalam mendongkrak penjualan produk. Apa pengertian, jenis manfaat dan kelebihan kemasan produk, tulisan ini akan mengulasnya secara detail.
Pengertian Cetak Kemasan
Pengertian dari cetak packaging atau kemasan yaitu proses pemindahan desain secara digital atau manual ke media packaging. Packaging meliputi banyak aspek seperti jenis material, warna, bentuk desain, dan layout sesuai kebutuhan produk.

Bahan kemasan ada beragam mulai dari plastik, kertas, kardus, kayu dan yang lainnya. Cetak kemasan plastik sudah banyak digunakan dalam kancah produksi makanan dengan desain unik dan menarik.
Bentuk yang tak biasa dengan desain berbeda dari yang lain mampu menunjang penampilan dan sebagai sarana produksi informasi produk. Kemasan dengan informasi sangat detail tentang produk membuat konsumen tertarik untuk membelinya.
Cetak kemasan sachet, packaging frozen food, makanan dalam box, kopi, snack dan yang lainya akan berbeda satu sama lain. Semua kemasan dengan bahannya tergantung kebutuhan produk yang akan dikemas.
Selain sebagai sarana promosi, kemasan berfungsi melindungi produk dari kemungkinan kerusakan akibat benda luar, benturan dan tidak mudah terkontaminasi bahan berbahaya.
Jenis Cetak Kemasan
Membeli sebuah produk dengan kemasan yang bagus, keren dan unik akan menciptakan ketertarikan tersendiri bagi para konsumen. Bentuknya bermacam-macam tergantung produk yang dijual dengan desain (kadang) anti mainstream atau sangat unik dengan yang lain.

Desain anti mainstream ini biasanya pada cetak kemasan makanan dengan tujuan membangun nilai produk untuk target pasar lebih luas. Secara otomatis, produk semakin populer dan branding serta produk akan banyak yang menyukainya.
Berikut adalah jenis cetak packaging yang sering banyak digunakan, antara lain:
1. Produk Box
Produk makanan dan minuman mendominasi desain bentuk box dengan berbagai macam ukuran. Misalnya saja wadah untuk makanan cepat saji.
Selain itu makanan dan minuman instan yang membutuhkan keamanan khusus agar tidak mudah terkontaminasi zat lain berbahaya.
Desain unik untuk jasa layanan makanan terdekat yang menarik dan menyesuaikan produk menciptakan kesan lux, eksklusif dan tentunya mampu meraup pelanggan lebih banyak lagi. Bahkan penjualan dapat melesat dari kemasan yang desainnya keren.
Seiring perkembangan zaman, desain kemasan sekarang bukan hanya melulu untuk makanan saja tetapi merambah ke produk lainnya seperti baju, aksesoris dan yang lainnya. Bentuknya berupa box yang tak kalah menarik dan terlihat elegan.
Selain dapat menarik lebih banyak konsumen, produk aman dan terhindar dari kerusakan yang merugikan produsen dan konsumen. Produk kemasan lux terlihat berkelas bahkan brand ternama menciptakan box khusus yang bentuknya terlihat berbeda.
2. Kemasan Pouch Standing dan Flat Pouch
Desain cetak kemasan standing pouch dan flat pouch seringkali untuk produk makanan dan minuman. Contohnya kemasan snack terdekat, kopi dan banyak pula brand makanan yang menggunakan model standing pouch untuk memudahkan pengguna.
Bahan dari pouch ini berupa kertas kraft, plastik dan aluminium foil sebagai bahan kombinasi. Desainnya lucu, menggemaskan dan mampu menarik konsumen meskipun sangat simple.
Jenis kemasan pouch banyak penggunaannya dan memiliki berbagai keunggulan, antara lain:
- Lebih praktis saat penggunaan dan jika tidak langsung habis tanpa harus menaruh dalam stoples.
- Biasanya terdapat perekat, zipper atau valve untuk membuka dan menutupnya.
- Kondisi produk aman dan meminimalisir kerusakan dari luar.
Jika ingin menggunakan dalam jumlah sedikit, kemasan standing pouch desain standar banyak dijual di toko bahan roti atau toko plastik.
3. Kemasan Paper Bags
Membeli kemeja, celana atau sepatu bermerk pada umumnya akan mendapatkan paper bags. Bentuknya sederhana dan aman untuk menyimpan produk dengan tali sebagai tempat memegangnya.
Produk yang menggunakan paper bags tidak memiliki berat berlebih dan cenderung ringan sehingga tas aman dan tidak sampai jebol ketika digunakan.
Selain produk fashion, penggunaan paper bags untuk makanan dan minuman seperti wadah brownies, kue dus dengan bobot ringan.
Bahan kemasan adalah kertas kopi yang cukup ringan tetapi kuat serta kokoh sebagai pelindung produk. Desain cukup sederhana dan biasanya banyak yang memilih warna coklat tanah. Tulisan yang ditampakkan hanya ikon brand dengans sedikit informasi saja.
4. Kemasan Plastic Bags
Plastic bag hampir mirip dengan paper bag tapi bahannya terbuat dari plastik. Kekuatan dan kelenturan lebih teruji dengan baik dan full color.
Cetak kemasan plastik bag umumnya penggunaan untuk jenis makanan dengan desain lebih variatif. Pilihan warna mencolok menegaskan produk dengan informasi sederhana.
Pilihan kemasan tergantung produk yang akan dipromosikan dan jangan lupa memperhatikan karakter brand. Desain kemasan menarik dan bagus memiliki banyak manfaat pada produk dalam wadah tersebut.
Manfaat Cetak Kemasan untuk Produk
Produk mampu menarik pembeli jika kemasannya bersih, menarik dengan warna unik. Produk makanan yang enak, bersih, murah dan berkualitas akan turun level jika bungkusnya asal-asalan.

Bungkus yang konsep dengan bagus dan desain kekinian lebih menarik pangsa pasar melakukan pembelian. Maka membutuhkan kemasan dengan mesin cetak andalan agar hasil packaging membius para konsumen.
Pebisnis yang baik akan memikirkan desain produknya secara rinci dan detail karena bisnis berawal dari branding. Nah, untuk lebih jelasnya berikut manfaat cetak packaging untuk melesatkan penjualan, yaitu:
1. Sebagai Perlindungan
Manfaat utama kemasan produk sebagai perlindungan agar isi utuh, aman dan tidak rusak ketika dibuka konsumen. Produk khusus makanan dan minuman akan didesain sedemikian rupa agar kedap udara agar produk aman konsumsi.
Selain itu kemasan yang baik melindungi produk dalam jangka pengiriman panjang. Kemasan tahan banting artinya produk isinya juga aman dan terlindungi dengan baik.
2. Memberi Informasi
Kemasan dengan pesanan khusus pada jasa cetak kemasan terdekat biasanya sekaligus mencantumkan informasi terkait produk. Desain custom akan memberi kemudahan untuk mendesain sesuai kebutuhan lengkap dengan informasi mendukung media promosi.
Informasi penting dalam desain produk termasuk komposisi bahan, tanggal kadaluwarsa, cara memasak atau penggunaan dan lain sebagainya.
3. Ergonomis
Desain khusus untuk produk tertentu membuat pengaturan saat packing dalam jumlah besar lebih ergonomis. Penataan lebih rapi karena bentuknya sama dan seragam sehingga mudah saat dipindahkan.
Selain itu akan lebih mudah pula proses hitungan, pengepakan dalam jumlah berapapun dan tentunya aman sampai konsumen.
4. Sebagai Identitas Produk
Produk dengan desain kemasan khusus, warna dan ikon tertentu akan membentuk sebuah branding. Branding berguna untuk meningkatkan daya jual untuk konsumen dengan jaringan lebih luas.
Kemasan dengan detail bagus dan berbeda dari yang lain akan cepat dihafal oleh konsumen. Desain kemasan terbaik memberi peluang lebih banyak memikat konsumen dan menjadi bagian identitas produk yang membedakan dengan brand lain yang sejenis dengan kita.
5. Distribusi Aman
Produk yang telah memiliki konsumen dari banyak kalangan membutuhkan kemasan terbaik dan aman dalam jangka panjang sekalipun. Melalui jasa cetak kemasan terpercaya dan berkualitas keamanan produk terjamin sampai ke konsumen.
Pendistribusian aman dan kondisi produk akan terjaga dengan baik meskipun membutuhkan waktu lama sampai ke tempat tujuan.
6. Memiliki Nilai Estetik
Produk biasa saja pada umumnya kurang menarik minat konsumen. Namun, hal tersebut dapat disiasati dengan kemasan modern berupa kemasan dengan nilai estetik cukup tinggi.
Produk biasa saja akan berbeda jika didukung kemasan menarik dan unik dan menjadi magnet konsumen untuk membelinya. Hanya dengan bentuk kemasan tak biasa, produk buruk rupa menjadi mewah, eksklusif dan laris manis menggandeng lebih banyak konsumen.
7. Peningkatan Pemasaran
Mendesain cetak kemasan box yang bagus atau bentuk kemasan sachet sederhana mampu meningkatkan penjualan. Kemasan bukan hanya dilirik kalangan penjualan offline saja tapi masuk kelas pangsa pasar lebih luas seperti online dan minimarket.
Otomatis, dapat memaksimalkan penjualan dan profit makin tinggi. Setiap kemasan menunjukkan karakter brand dan produk yang dijual lebih profesional.
Kelebihan Cetak Kemasan untuk Produk
Kemasan yang bagus memberi pengalaman baru bagi konsumen dengan berbagai keunggulannya. Apa saja kelebihan dari cetak packaging produk bisa cek langsung di penjelasan berikut.
1. Sarana Promosi
Strategi marketing mencakup banyak hal seperti memaksimalkan media sosial, melalui website dan tak ketinggalan kemasan eksklusif. Kemasan yang lain dari yang lain menciptakan sesuatu yang berbeda dan sebagai sarana promosi unggulan guna menaikkan penjualan.
Maka, mendesain kemasan tidak boleh sembarangan harus terdapat karakter brand, sesuai isi produk dan warna khusus yang mencerminkan produk.
2. Branding
Masyarakat yang sering melihat sebuah brand alam bawah sadarnya secara otomatis mengingat. Pada umumnya brand ikon tertentu, brand yang muncul pertama kali dan brand yang memiliki nilai historis akan teringat dengan sendirinya.
Saat melihat produk yang sudah memiliki brand mendarah daging, akan langsung teringat dan yang tersebut adalah nama merk tersebut, tak ada yang lain.
3. Kekinian dan Modern
Perkembangan zaman dalam dunia digital cukup pesat, maka ketika mendesain kemasan, harus mengikuti zaman. Setiap desain kekinian dan modern memberi warna lain untuk membentuk branding.
Bakan dari desain modern akan menarik lebih banyak target pasar karena dibuat sesuai selera pasar. Tujuannya agar target segmen pasar tercapai dan produk diterima dengan baik oleh konsumen.
Tips Desain Cetak Kemasan Produk
Sebelum menentukan desain yang bagus untuk sebuah produk, sebaiknya mencari berbagai referensi sebagai pendukung. Dari referensi yang ada akan muncul ide-ide baru mulai dari bahan, elemen dan warna menyesuaikan produk.

Jasa layanan cetak packaging menyediakan berbagai jenis bahan dari kertas, plastik, atau kombinasi. Mencari jasa cetak juga mudah dapat dilakukan secara online melalui website resmi yang menampilkan desain dan portofolionya.
Agar hasil bagus sesuai kebutuhan, berikut tips desain kemasan untuk produk, yaitu:
1. Ukuran
Ukuran kemasan adalah tips pertama agar sesuai dengan produk. Ukuran produk dapat berupa kilogram atau gram dan menyesuaikan jenis produknya. Misalnya kemasan produk kopi untuk 250 gram maka menyesuaikan standing pouch agar tepat dan cocok serta terkesan profesional.
2. Fitur
Produk dengan penanganan segel khusus membutuhkan kemasan terpercaya supaya tahan lama dan kualitas terjaga dengan baik. Berbeda dengan produk yang sudah awet, maka segel tidak begitu menjadi hal utama dalam memilih kemasan praktis.
3. Material Bahan
Material dari bahan baku kemasan juga menyesuaikan produk. Misalnya saja material alumunium foil supaya tidak terjadi sifat kekurangcocokan produk, material kertas dapat melindungi produk dengan baik atau plastik yang lebih lentur dan aman dalam segala kondisi.
4. Bentuk
Sekali lagi produk apa yang dijual berpengaruh pada bentuknya. Seperti desain air mineral, mana yang paling praktis dalam genggaman? Bisa pula bentuk mungil yang menyesuaikan orang untuk sekali minum saja sehingga lebih ergonomis dan harga dapat diminimalkan.
5. Harga
Berbagai tips dalam packaging jangan sampai melupakan harga. Banyak sekali cetak kemasan murah yang ditawarkan melalui media sosial dan internet tapi tetap harus melihat kualitasnya. Harga tergantung dari material bahan dan desain apakah sederhana atau rumit.
Masih ada yang perlu mendapat perhatian terkait penyimpanan dan distribusi produk. Jika kemasannya aman dan praktis akan memudahkan dalam penyimpanan dan pendistribusian.
Pendistribusian yang bagus meskipun jauh jarak tempuh produk tatap aman dan konsumen puas saat membukanya.
Memilih Jasa Cetak Kemasan Profesional
Membuat desain sendiri membutuhkan waktu serta riset agar hasil bagus dan sesuai kebutuhan bisnis. Agar lebih praktis dapat memilih jasa cetak packaging yang dapat dicari via online. Namun, jangan sampai salah pilih supaya tidak mengecewakan di kemudian hari.
Berikut cara memilih jasa layanan cetak packaging yang baik, yaitu:
1. Tim Profesional
Pihak jasa layanan yang baik tentu memiliki tim profesional yang dapat mengerjakan desain sebaik mungkin sesuai kebutuhan pelanggan.
2. Berpengalaman
Pilih jasa layanan yang berpengalaman dengan banyak pelanggan. Hal tersebut dapat melihat melalui situs website resmi. Dari situsnya, hasil kinerja akan terlihat seperti apa dan bisa menjadi contoh untuk ide desain sesuai keinginan pelanggan.
3. Banyak Pilihan Desain
Jasa cetak terdekat dengan pilihan desain yang banyak akan menjadi acuan utama artinya kebutuhan kemasan seperti apapun akan mampu dikerjakan sebaik mungkin.
4. Berkualitas
Saat menentukan desain, sedikit banyak sudah dapat menentukan bahan apa yang akan digunakan.
Kualitas bahan sangat penting supaya produk aman dan kondisinya baik agar tidak mengecewakan konsumen. Jasa layanan profesional akan memberi bahan berkualitas bagus tergantung kebutuhan pelanggan.
5. Pelayanan Terbaik
Pelayanan terbaik menunjukkan bahwa pihak jasa layanan serius dalam menangani pelanggan.
Salah satu rekomendasi terbaik untuk jasa packaging dapat cek melalui www.oaseproject.id Dukungan tim handal dan berpengalaman membuat desain kemasan dan cetak benar-benar sesuai keinginan.
Harga terjangkau dan apapun kemasan yang dibutuhkan hasilnya berkualitas serta menghasilkan desain terbaik. Dengan cetak kemasan profesional dan berkualitas, branding, produktivitas dan penjualan juga meningkat.
QnA
1. Apa itu desain kemasan makanan?
Desain kemasan adalah desain kreatif yang mencakup bentuk, struktur, material, warna dan elemen informasi agar produk dapat dipasarkan.
2. Jenis kertas apakah yang cocok digunakan dalam desain packaging produk makanan ringan?
Jenis kertas yang cocok untuk desain makanan adalah duplex, ivory, dan kraft.
3. Bahan apa yang digunakan untuk kemasan makanan?
Bahan yang digunakan untuk kemasan untuk makanan adalah aluminium, kertas, plastik dan kaleng.
Posting Komentar untuk "Cetak Kemasan - Pengertian, Jenis, Manfaat dan Kelebihannya"
Posting Komentar